Salak, Zalacca edulis


Buah berkulit seperti sisik dan berwarna cokelat berasa manis, terkadang juga sepet. Zalacca edulis yang terkenal adalah jenis salak pondoh, berasa sangat manis. Salak juga dipercaya dapat mencegah diare. Rasanya yang manis dengan aroma yang khas membuat kandungan HCl dalam lambung meningkat dan amilase dalam mulut akan menguccur deras…hal inilah yang membuatku dan 5 orang Tim Pecuk dalam perjalanan kereta Pasundan menuju Bandung tidak dapat menahan diri.
,..
Begini ceritanya:
Saat itu di dalam kereta saya berenam duduk di dua kursi berhadapan, lalu di kursi 2 sheet sebelah kami ada 2 orang cowok dan cewek juga duduk berhadapan. Tidak beberapa lama datang 2 orang bapak dan ibu duduk di kursi yang kosong tadi…ibu berjilbab tersebut membawa bungkusan agak besar dan ditaruh di bawah kursi, terus terjadi percakapan:
Ibu berjilbab (IB), cewek (C), Angga Pecuk (AP), pedagang buah (PB)
***
IB menawari si C, “mau salak mba?”, C menjawab “terima kasih bu” dengan jaim menolak tawaran IB. kami berenam yang duduk di sebelahnya juga tergiur dengan salak yang ditawarkan dan hanya saling bertatapan. Dari arah belakan menyusuri lorong gerbong datang PB sambila menawarkan dagangannya “buah-buah, melon manis, nanas segar, jeruk manis”seterusnya, jelas-jelas tidak menjual salak pokoknya. Dengan refleks AP mencegat “bu buah!!!”, PB “ya mas, mau jeruk, nanas, atau melon?”, AP dengan lantang “ada salak bu?”, PB” wah ga ada mas, mau yang lain?”, AP “ngga bu, kita pinginnya salak!” diperlantang agar IB yang membawa salak juga mendengar. Apa yang diharapkan ternyata kesampaian, IB mendengar percapakan itu dan tak pelak langsung bilang “Ooo mau salak?, ini ambil, dibagi yang rata ya biar semuanya dapat!!!”. He…he…he…kami berenam langsung nyengir sambil menerima salak manis yang dibagikan IB. setelah salak habis, ternyata datang penjual salak yang lewat disamping kami, tapi kami Cuma berpandangan sambil ketawa nyengir tanpa membeli salak….
***
,..
Pesan moral:
Untuk mendapatkan sesuatu jangan terlalu berbasa-basi!!!
Hwa…ha…ha….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s