Sensus Burung Air di Surabaya Libatkan Masyarakat


15 Januari 2010, 19:26:51| Laporan Iping Supingah

Suarasurabaya.net| Asian Waterbird Census (AWC) akan menggelar sensus burung air di Surabaya yang melibatkan warga Surabaya. Sensus ini untuk mengetahui populasi burung air dan wilayah penyebarannya di Surabaya.

AGUS SATRIO Koordinator Sarang Burung Surabaya pada TEGUH reporter Suara Surabaya, Jumat (15/01) mengatakan, sensus yang digelar AWC itu diharapkan bisa memastikan populasi burung air yang ada di Surabaya dan yang sudah punah.

Kondisi ini perlu diketahui warga Surabaya, karena burung air merupakan bagian dari ekosistem yang ada di Surabaya selain mangrove yang juga berada di wilayah pesisir Surabaya.

Khusus warga Surabaya yang ingin berpartisipasi dalam agenda sensus burung air yang akan digelar Sabtu (16/01) besok akan disediakan pemandu, khususnya untuk pemantau pemula, kata AGUS SATRIO.

Sensus burung air itu dilakukan serentak di seluruh dunia, diantaranya di Benua Afrika, Eropa, dan Amerika, juga Asia dengan koordinator International Waterbird Census (IWC).

Untuk di Indonesia agenda tersebut dikoordinasikan Wetlands International Indonesia Programme bekerjasama dengan Departemen Kehutanan.

Sensus burung air itu akan digelar mulai minggu kedua sampai ketiga Januari dan akan dilakukan di lokasi lahan basah yang jadi habitat penyebaran burung air.(tas/ipg)

Teks Foto:
– Sejumlah burung di pantai timur Surabaya di sekitar hutan mangrove Wonorejo.
Foto: Dok. suarasurabaya.net

One thought on “Sensus Burung Air di Surabaya Libatkan Masyarakat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s