selesaikan dengan dialog


Begitu banyak kesempatan kita selalu dihadapkan dengan benturan kepentingan antar beberapa pihak, baik itu persoalan communal maupun personal. dalam berinteraksi pasti ada kepentingan, meskipun kepentingan itu sama, tidak akan bisa berjalan jika tidak bisa dikomunikasikan dengan baik, atau dengan kata lain tujuan sama tapi caranya berbeda. namun demikian kita biasa terjebak ego yang tidak mau mendengar keinginan pihak lain dan terjadi konflik.

Berdebat, karena ego yang tinggi, biasanya akan terjadi perdebatan. suatu cara untuk memenangkan kepentingan salah satu pihak, gagah-gagahan. dan tidak jarang kita melupakan substansi yang kita harapkan karena terlalu asik ingin menang sendiri. atau terlampau emosi hingga melupakan berpikir rasional.

kita lihat saja apa yang baru saja terjadi di “Taman Kanak-kanak” versi Gus Dur beberapa waktu lalu, sampe-sampe mau berantem. hmmm…saya yakin dalam hati kecil mereka pasti malu, karena mereka pasti berkeinginan mewujudkan cita-cita Bangsa, tapi kenapa harus seperti itu?

baiklah, dalam conflict of interest, semua pihak yang berkaitan pasti punya kepentingan, dan harus terakomodasi, baik terpenuhi keinginannya maupun sekedar dapat memahami dan menerima keinginan pihak yang lain. oleh karena itu selesaikan dengan dialog, dalam dialog bukan untuk menang/kalah, tapi lebih pada hal positif untuk mendapatkan solusi yang dapat diterima bersama.

tidak sulit untuk dikerjakan, asal kita bisa menahan ego dan berusaha untuk mau mendengar. kalau mendengar saja sudah sulit, bagaimana kita bisa memahami keinginan pihak lain kemudian mengkompromikan dengan kepentingan kita?

dengan penjelasan dangkal inilah saya berkesimpulan, semua persoalan, gesekan kepentingan, dan semacamnya akan dapat diselesaikan kalau kita mau berdialog.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s