Bank…Bankrut…


Beginilah jadinya kalo penggunaan uang salah pada tempatnya. Bank atau lembaga keuangan lainnya seyogyanya difungsikan untuk penyedia modal usaha atau aktivitas produktif, tapi yang terjadi di kampungku justru menjadi jerat kesengsaraan (tanpa disadari) mendekati jerat “lintah darat”.

Pada awalnya para nasabah merasa mendapat rejeki dan lupa peruntukan dana pinjaman tersebut. Kebanyakan dari mereka mempergunakan untuk keperluan konsumtif, yang semestimya untuk kepentingan produktif. Akibatnya saat jatuh tempo pembayaran mereka kelabakan mencari dana untuk pelunasan. Sebagai solusi sesaat, mereka mencari pinjaman ditempat lain dan akan dilunasi pada saat mendapatkan pinjaman lagi dari bank, gali lubang tutup lubang. Begitu seterusnya, hingga akhirnya pinjaman dari bank akan semakin besar, besar pula bunga yang harus ditanggung. Modal yang semestinya menghasilkan, telah menjadi dana lewat yang harus ditanggung lalu lintasnya.

Sungguh menyedihkan, mungkin bagi pegawai bank (lembaga keuangan), semakin lancar pinjaman, semakin bagus juga prestasinya. Di sisi lain, ternyata nasabah sangat memerlukan edukasi dalam pemanfaatan pinjaman agar tidak berubah menjadi dana konsumsi, tapi harus menjadi dana produksi. Dana produksi, dimana nasabah dapat menikmati keuntungan dari hasil usaha, bukan menikmati modal usaha.

Untuk di daerahku, masyarakat semakin mudah mendapat pinjaman dana, yang terbaru dari program PNPM Mandiri dan Gardu Taskin. Tapi sangat disayangkan peruntukannya hanya untuk menutupi pinjaman-pinjaman yang sudah ditanggung sebelumnya. Semoga begitu banyak dana yang dikucurkan tidak membuat masyarakat sekitarku semakin terpuruk karena hutang, tapi menjadi solusi keterbatasan modal usaha produktif.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s