Komitmen Vs Keuntungan Sesaat


Proyek pekerjaan saya dimulai pada akhir Februari,dan memasuki musim panen pada 3 minggu terakhir. Suatu tantangan besar yang menghadang di depan saat harga Cabe Merah Besar sebagai komoditas yang saya tangani melambung tinggi sejak awal tahun 2010 hingga saat ini yang berkisar Rp.23.000/Kg.

Sedangkan tugas saya adalah bagaiman membina petani mitra yang sudah difasilitasi untuk tetap bertahan dengan harga kontrak yang sudah disepakati sebelumnya. Hmmm…harga yang sudah disepakati sebelumnya bisa sepertiga dari harga pasar saat ini, atau bisa dibawahnya. Dan kedua belah pihak sudah terikat dengan kontrak.

Saya sangat memahami keadaan yang sangat sulit dihadapi oleh petani. Pertama, godaan harga pasar yang sangat tinggi. Kedua kondisi tanaman pada kondisi yang kurang prima, dan hasil panen  terganggu. Oleh karena itu jika dengan harga kontrak, range keuntungan sangatlah kecil. Ketiga, pencurian merajalela, sehingga harus keluar tenaga dan pikiran ekstra untuk menjaga tanaman. Ketiga persoalan ini menempatkan petani pada posisi penuh dilema. Antara menjaga komitmen dan menjadi keuntungan besar dalam waktu cepat.

Sangat  manusiawi jika mereka menginginkan keuntungan besar, namun jangan sampai keuntungan jangka panjang mereka lupakan. Dalam kasus seperti ini memang saya dituntut untuk mencari titik temu antar dua kepentingan, antara kepentingan perusahaan dan kepentingan petani, tidak untuk memenangkan salah satu, namun memenangkan keduanya agar kerja sama dapat berlangsung dalam waktu yang lama.  Bagaimana caranya? iki lagi mikir!!!🙂

3 thoughts on “Komitmen Vs Keuntungan Sesaat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s