Berkutat seputar pertanian dalam pekerjaanku ternyata tidak menggerus kesenangan dalam memperhatikan burung liar dan habitatnya. Sebenarnya setiap hari kalau ke lahan juga tetap perhatikan burung liar, jadi biasa aja. Cuma kali ini terasa berbeda.Jakarta, sebenarnya males datang ke Ibukota, ampun dengan macetnya, tapi mau gimana lagi kantor di Sudirman menunggu kedatanganku, akhirnya dengan terpaksa harus berangkat juga…untungnya saat di kantor ada teman, jadinya bertiga sama Pioel dan Ekho saat meeting, oya plus orang-orang kantor juga…

Hehehe, karena kami bertiga sama-sama dari Pecuk ITS jadinya lebih seru mau ngapain aja. Meeting mulai hari Rabu minggu lalu tanggal 6 Oktober selesai hari Jum’at tanggal 8 Okt…awalnya mau langsung pulang, tapi eman juga kalo langsung balik, apalagi kita bertiga juga nginep sama-sama di Priok. Dasar pada gila, spontan aja kita rencanakan berangkat ke Muara Angke, sekalian bernostalgia saat Jakarta Bird Race 2006. Apalagi di FB aku dapat info kalau temen-temen JGM ada kegiatan bersih sampah di sana, sekalian aja gabung.

Dengan modal sok tau bertiga sama ekho dan pioel berangkat juga dengan tujuan Muara Angke, kalo memungkinkan ke Kepulauan Seribu juga (modal nekat tok, ga tau apa2 juga). Berangkat dari Dewa Kember menuju terminal Tanjung Priok, sempat mampir juga ke Stasion Kereta Tanjung Priok. Sebelum berangkat kita nyari Galeri provider Seluler di jl.Pasoso, biar lebih cepet Pioel berangkat naik ojek buat nyari, eh setelah keliling ga ada galeri yang dimaksud, yaudah balik lagi dengan oleh-oleh bawa tukang ojek sok tau yang mau mengantarkan ke SMMA dengan tarif Rp.25.000,- dan mau dicarikan tempatnya sampai ketemu. wih emang pada ngawur tukang ojeknya, lewat jalan seenaknya, lampu merah bablas, melawan arus ok, tapi nyari SMMA ga bisa, huh payah! masak mau diantarkan ke Muara Baru? tapi akhirnya nyampe juga di SMMA.

Setelah berputar-putar, nanya beberapa kali, akhirnya ketemu juga SMMA. Berada di pintu masuk SMMA menstimulus ingatanku untuk reload memori masa lalu yang begitu indah di tempat ini, yang membuatku bebas bayar SPP 2 semester saat kuliah dulu….masuk gerbang nyeloteh sama pioel sama ekho, dasar orang alas, datang ke jakarta yang dicari Hutan juga! Yah beginilah kalau kita lagi kumpul, nge-mall juga ga hoby, akhirnya larinya ya ke hutan lagi, liat burung liar bareng-bareng.

Masuk kawasan burung-burung mulai riuh menyapa, sayang tanpa peralatan pengamatan, jadinya menikmatinya tanpa alat bantu. Di SMMA saya kira bisa masuk begitu saja untuk bercengkerama dengan alam liar Jakarta, tapi ternyata harus ada ijin dulu dari BKSDA atau dari Jakarta Green Monster…yah ga boleh masuk sama penjaganya. Tapi sudah jauh-jauh datang dari Jawa Timur masak ga boleh masuk? jiwa boneknya keluar juga. memaksa masuk pelan-pelan tanpa ada ijin, pokoknya mau ketemu Anhinga melanogaster (Pecuk-ular asia), keluarga Pecuk yang tidak ditemui di Surabaya. Berjalan perlahan di jembatan kayu yang begitu rapi, menembus pepohonan Sonneratia caseolaris, terapung di atas sungai Angke dengan sejuknya udara dan riuhnya suara burung membuatku lupa kalau berada di Jakarta. Yang jelas, tempat-tempat seperti inilah yang membuatku merasa nyaman.

Setelah sempat keluar lagi untuk sholat dan membeli makanan kita masuk lagi, berhenti sejenak di Shelter untuk pengamatan burung. Di tempat ini terlihat Prinia sp dan Amourornis phoenicurus. Berjalan lagi menyusuri jembatan kayu sampai juga di genangan air yang cukup luas, akhirnya! yang dicari datang juga!!!!Burung dengan penampakan seperti bangau, namun berukuran kecil dengan leher panjang paruh yang lancip terbang meluncur dari kejauhan, ya Anhinga melanogaster (Pecuk-ular asia). Sah? sah! ini untuk mengesahkan pioel telah melihat burung ini untuk pertama kali, hehehehe…

Yaudah, berbekal kuaci 6 bungkus kita nyangkruk aja di bawah pohon Nypha fruticans sambil mengamati rawa-rawa dengan background bangunan-bangunan tingkat. Tidak banyak burung yang diperhatikan, karena memang kesini untuk mengejar ketemu Pecuk-ular asia, yang penting sudah photo-photo hehehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s