Semalam jam 22.30 wib turun dari bis langsung memasuki kawasan mangrove yang gelap gulita dengan suara angin laut yang menggoyang-goyangkan pepohonan. Suasana yang terasa saat beberapa kali berkegiatan dengan temen-temen dari ITS.

Pertama adalah saat Ocean Week 1 dan kemudian camp angkatan 2006 Jurusan Biologi ITS. Ocean Week 1, kegiatan ini melibatkan banyak organisasi mahasiswa dan siswa SMA, dengan rombongan yang begitu banyak. Dari mempersiapkankegiatan inilah saya mulai kenal dengan pak Ali Mansyur pemilik dan pengelola Mangrove Center Tuban. Bersama teman-teman dari Himpunan Mahasiswa Biologi ITS kita menngorganisir kegiatan Ocean Green yang menjadi bagian dari rangkaian acara Ocean Week pertama. begitu banyak kenangan yang tidak mudah dilupakan karena keterlibatan begitu banyak orang. Kegiatannya seputar pengenalan ekosistem pantai terutama mangrove, penanaman mangrove dan disela-sela acara diisi dengan gobak sodor di hamparan pasir yang begitu luas… Tadi pagi saya kembali berkeliling ke lokasi kegiatan, memperhatikan mangrove jenis Rhizophora yang waktu itu ditanam mengelilingi tambak sekarang sudah mulai besar dan sudah berbunga, berikut adalah photo saat kegiatan tahun 2006¬† dan kondisi mangrove saat ini

Meskipun beda angle pengambilan, photo sebelah kanan adalah hasil penanaman bersama teman-teman pada saat Ocean Week pertama. Setiap satu pohon pasti akan memberikan manfaat yang besar untuk kemudian hari, dan ini hasil kerja keras tangan-tangan yang peduli terhadap pelestarian lingkungan.

Selanjutnya photo-photo begitu ramainya kegiatan Ocean Week di Mangrove Center Tuban

Ramainya kegiatan masih saja terasa saat melihat beber

apa sekolah sedang kegiatan ditempat yang sama hari ini, mengingatkan pada para sahabat yang belajar untuk bertindak nyata pada alam…

 

 

 

2 thoughts on “Romantisme masa lalu: Ocean Week 1 Tuban

  1. Bukannya yang menggagas adanya Ocean Weeks itu adalah atas prakarsa arek FTK plus Biologi yaa
    kenapa FTK gag disebut ditulisan ini???

    • betul sekali mas, Ocean week diprakarsai BEM ITS, Hima se-FTK dan Himabits. sedangkan dalam tulisan saya ini cuma menyinggung sebagian dari rangkaian kegiatan saat itu, dimana temen2 Biologi dapat jatah mengorganisir kegiatan Ocean Green di Tuban. terima kasih koreksinya, semoga tidak menimbulkan kesalahpahaman…nek perlu biar ta revisi tulisan ini, matur nuwun,..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s